Cerita Sejarah Keruntuhan Kerajaan Demak

cerita-sejarah-keruntuhan-kerajaan-demak

Cerita Sejarah Keruntuhan Kerajaan Demak – Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa yang berdiri tahun 1475 sampai 1568. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Patah bersama bantuan ulama Islam Jawa terhadap jaman itu. Kekuasaan kerajaan Demak di pulau Jawa tidak berlangsung lama. Pada pertengahan abad ke-16 Masehi, kerajaan Demak mengalami krisis politik dan keamanan yang akhirnya membawa dampak keruntuhan kerajaan. Dalam buku Islamisasi dan Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia (2012) karya Daliman, awal mula keruntuhan kerajaan Demak berlangsung sehabis Sultan Trenggana meninggal terhadap tahun 1546 Masehi.

Cerita Sejarah Keruntuhan Kerajaan Demak

cerita-sejarah-keruntuhan-kerajaan-demak

semplice-dieta – Dendam Arya Penangsang Pasca meninggalnya Sultan Trenggana, kerajaan Demak mengalami kekacauan politik yang disebabkan oleh perebutan kekuasaan antara Arya Penangsang dan Sunan Prawoto.

Bagi anda yang suka bermain game online silahkan kunjungi link berikut : Judi Bola Live99

Sunan Prawoto diangkat sebagai raja Demak mengganitkan Sultan Trenggana terhadap tahun 1546. Namun, pengangkatan Sunan Prawoto ini mendapat tentangan berasal dari Arya Penangsang (sepupu Sunan Prawoto). Arya Penangsang beranggap bahwa yang berhak menjadi raja Demak adalah dirinya. Selain itu, Arya Penangsang termasuk menyimpan dendam terhadap Sunan Prawoto dikarenakan telah membunuh ayahnya yang bernama pangeran Surowiyoto. Sunan Prawoto membunuh pangeran Surowiyoto supaya Sultan Trenggana diangkat sebagai raja Demak sehabis kematian Pati Unus tahun 1521. Dalam buku Sejarah Indonesia Modern: 1200-2004 (2005) karya M.C Ricklefs, terhadap tahun 1549, Arya Penangsang membunuh Sunan Prawoto beserta istrinya sebagai balas dendam atas kematian ayahnya yang lebih dari satu selagi di awalnya telah dibunuh atas perintah Sunan Prawoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *