Konferensi Potsdam: Bagi Jatah Pemenang & Lahirnya Perang Dingin

konferensi-potsdam-bagi-jatah-pemenang-lahirnya-perang-dingin

Konferensi Potsdam: Bagi Jatah Pemenang & Lahirnya Perang Dingin – Ada kalanya peristiwa-peristiwa dramatis penting yang berjalan didalam kehidupan terpusat terhadap satu kejadian tunggal. Sepanjang sejarah hidup manusia, momen-momen ini tidak banyak terjadi. Konferensi Potsdam keliru satunya.

Konferensi Potsdam: Bagi Jatah Pemenang & Lahirnya Perang Dingin

konferensi-potsdam-bagi-jatah-pemenang-lahirnya-perang-dingin

Kira-kira itulah yang disampaikan dan direkam jurnalis New York Times Anne O’Hare McCormick, seperti dikutip Michael Neiberg didalam Potsdam: The End of World War II and the Remaking of Europe, dikala ia meliput Konferensi Potsdam, keliru satu konferensi yang paling bersejarah bagi umat manusia.

Di konferensi inilah tiga orang yang memegang kekuasaan paling besar di dunia bersua dan bergandengan tangan untuk pilih ke mana dunia bakal bergerak di pengujung Perang Dunia II. Ketiganya adalah Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman, Perdana Menteri Britania Raya Winston Churchill, dan Kepala Negara Uni Soviet Joseph Stalin.

Potsdam merupakan sebuah kota di Jerman yang letaknya tidak jauh berasal dari Berlin, kota yang digambarkan McCormick sebagai tempat yang pernah menjadi simbol kebolehan dunia namun udah menjadi “kuburan” mendekati usainya PD II. Neiberg sendiri berpendapat runtuhnya Berlin sementara itu sebagai peristiwa penting dikarenakan menjadi bukti sejauh mana batasan berasal dari “pencapaian” yang dapat diraih negarawan dan politikus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *